Berita HIK Parahyangan

BPRS HIK Dirikan Pojok Kas Syariah di FEBI UIN SGD

BPRS HIK Dirikan Pojok Kas Syariah di FEBI UIN SGD

(UINSGD.AC.ID) PT BPRS Harta Insan Karimah Parahyangan akan mendirikan dan mengembangkan Pojok Kas Syariah di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN SGD Bandung, sebagai sarana laboratorium bagi mahasiswa.  

Ini salah satu dari 15 item kerjasama FEBI UIN SGD dengan BPRS HIK, dalam rangka sama-sama membina umat/masyarakat dalam melaksanakan Gerakan Ekonomi Syariah. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU antarkedua belah pihak, di Ruang Lobi  Dekanat FEBI, Rabu (06/01/2021).

FEBI diwakili oleh Dekan Dr H Dudang Gojali, M.Ag. dan BPRS HIK diwakili oleh Direktur Martadinata SE, MAB,Ak. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr Deni K Yusup, M.Ag; Wakil Dekan 2 Dr H Abdullah Syafei, M.Ag; Ketua Prodi MKS Dr H Dadang Husen Sobana, M.Ag;  Ketua Prodi Manajemen Dr H Kadar Nurjaman, SE, MM; Ketua Prodi Akuntansi Syariah Dr Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.ESy; Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah Dr Evi Sopiah, M.Ag; dan Ketua Laboratorium Budi Budiman, M.Ag, M.Si.

Dari DPRS hadir Staf Funding Deposito BPRS HIK Tarkalil Achmad; Staf Layanan Kas Yanyan Nuryana; Supervisor Layanan Kas Rachmawati Puspita Sari; SPV Layanan Kas Eva Sri R; dan SPV Sekretariat & Humas  Ewan Hardiansyah.

Dr Dudang menyambut baik jalinan kerjasama yang berkesinambungan dengan PT BPRS  HIK ini. Malah ia mendorong pertumbuhan dan perkembangan perbankan yang berbasis Syariah, karena selain menjadi tempat magang dan praktikum mahasiswa, juga sebagai user bagi lulusan FEBI.

“Kami mendorong para mahasiswa agar menjadi ekonom-ekonom muda dengan latar belakang akademis dan wawasan yang luas tentang perkembangan ekonomi terkini. Ke depan, ekonom-ekonom baru diharapkan bisa menghasilkan terobosan-terobosan kebijakan ekonomi terbaik di negeri ini,” ujarnya.

FEBI UIN Bandung diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tinggi, yakni menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat, yang memiliki kemampuan akademik dan profesional. Dalam rangka meningkatkan kecerdasan, harkat, dan martabat bangsa, berkualitas dan mandiri, sehingga mampu membangun diri dan masyarakat sekelilingnya.

Direktur BPRS HIK Martadinata SE, MAB,Ak berharap kerjasama dengan FEBI UIN SGD ini lancar dan bersinambung, serta saling menguntungkan.  Karena ada kesamaan kepentingan yaitu melaksanakan Gerakan Ekonomi Syariah.

Ruang lingkup kerjasama, lanjut Martadinata, antara lain di bidang  pendidikan dan pelatihan perbankan Syariah; pengembangan kurikulum ekonomi syariah; seminar, stadium general, workshop, lokakarya; penelitian bersama; penerbitan jurnal perbankan syariah. “Kita juga akan mendirikan Pojok Kas Syariah di lingkungan FEBI atau UIN Bandung ini, yang berfungsi sebagai laboratorium  bagi mahasiswa,” jelasnya.

Hal lain yang menyangkut kerjasama dengan FEBI adalah penghimpunan dana tabungan mahasiswa, dana tabungan qurban, dana tabungan haji, pelaksanaan magang bagi mahasiswa, pendampingan usaha kecil menengah, dan pengadaan fasilitas mesin ATM di kampus.[nanang sungkawa]

sumber : https://uinsgd.ac.id/bprs-hik-dirikan-pojok-kas-syariah-di-febi-uin-sgd/